6 Pantangan Hamil Trimester Pertama -
6 Pantangan Hamil Trimester Pertama

6 Pantangan Hamil Trimester Pertama

Kehamilan adalah masa yang membahagiakan. Dalam rentang waktu kehamilan selama tiga bulan dibagi dalam tiga fase yaitu trimester pertama, kedua dan ketiga. Selama itu, Ibu harus menjaga kesehatan, mencukupi nutrisi agar Ibu dan janin tetap sehat hingga persalinan. Adapun pantangan hamil trimester pertama yang harus Ibu ketahui agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Trimester pertama bisa dibilang rentan dengan risiko keguguran. Di masa ini, Ibu harus memerhatikan nutrisi karena di trimester pertama biasa akan mengalami morning sickness yang sungguh tida mengenakan. Jangan khawatir Ibu semua akan terlalui, tapi harus perhatikan pantangan hamil trimester pertama berikut ini.

6 Pantangan hamil trimester pertama

1. Makan tergesa-gesa

Makan tergesa-gesa ini ada hubungannya dengan heartburn atau biasa dikenal dengan nama gastroesophageal reflux disease (GERD). Hormon progesteron yang memberikan andil terjadinya heartburn. Ternyata, progesteron membuat cincin antara lambung dan kerongkongan melemah. Itulah mengapa, asam lambung naik ke kerongkongan. Nah, makan terburu-buru bisa meningkatkan risiko naiknya asam lambung.

2. Minum obat yang tidak sesuai anjuran dokter

Selama hamil, perlu Ibu sadari bahwa kondisi tubuh berbeda dengan saat normal. Jadi, Ibu tidak boleh sembarang minum obat seperti obat flu, obat jerawat, penghambat enzim dan ibuprofen. Apabila Ibu mengalami flu saat hamil, baiknya meminta resep ke dokter kandungan. Pun dengan obat herbal, sebaiknya dihindari oleh Ibu.

3. Gerakan olahraga

Tidak ada yang melarang untuk melakukan olahraga saat hamil. Tapi ada beberapa gerakan olahraga yang tidak boleh Ibu lakukan seperti :

  • Sit-up dan push-up
  • Meloncat
  • Melompat
  • Gerakan yang berubah dengan cepat
  • Gerakan menghentak

4. Makanan mentah

Pantangan hamil trimester pertama berikutnya adalah tidak boleh makan makanan mentah maupun setengah matang. Makanan mentah seperti lalapan, telur setengah matang, daging setengah matang. Efek yang bisa ditimbulkan adalah bayi yang lahir dalam kondisi cacat, keguguran, hingga kematian.

Makanan mentah atau setengah matang biasanya ada bakteri penyebab listeriosis. Untuk itu, baiknya Ibu masak bahan tersebut hingga matang.

5. Susu yang belum dipasteurisasi

Kalsium sangat dibutuhkan oleh Ibu hamil dan janin. Tapi, Ibu tidak boleh mengonsumsi susu yang belum dipasteurisasi. Pasalnya susu yang tanpa pasteurisasi itu belum ada proses pemanasan di dalamnya yang bertujuan untuk menghilangkan bakteri.

Biasanya bakteri listeria sering ada di susu yang belum dipasteurisasi. Efek jika minum susu tersebut adalah keguguran, kematian bayi hingga cacat.

6. Tidak boleh makan ikan yang tinggi merkuri

Biasanya ikan yang mengandung merkuri ini terpapar dari habitatnya. Dan seperti yang diketahui, merkuri adalah logam berat yang bisa membahayakan janin. Ikan yang perlu Ibu hindari karena kandungan merkuri yang tinggi antara lain, hiu, makarel, pari, tuna sirip biru, ikan todak dan barramundi.

Itulah 6 pantangan hamil trimester pertama yang perlu Ibu tahu. Tetap jaga kesehatan, dan sehat selalu ya, Ibu.