);

6 Tips Agar Baterai Hp Jadi Awet, Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

| |

idTekno.net – Masalah yang paling sering dihadapi oleh pengguna ponsel dari jaman dulu hingga saat ini adalah masalah cepat habisnya baterai atau baterai hp yang cepat rusak, kembung dan panas saat digunakan. Tidak heran, jika produsen hp berlomba-lomba menawarkan fitur terkait baterai seperti fast charging yang membuat pengisian baterai jadi lebih cepat, jaminan garansi hingga penjualan produk baterai yang dijamin asli/original dari pabriknya langsung. Meski berbagai cara sudah dilakukan, terkadang ada saja hal yang membuat baterai Hp yang kita pakai jadi rusak. Untuk meminimalisir kerusakan baterai Hp, lakukan beberapa cara atau 6 tips berikut ini agar baterai hp awet, tahan lama dan tidak mudah rusak.

1. Ikuti Prosedur Pengisian Baterai Hp Dengan Benar
Pada buku petunjuk penggunaan ponsel, biasanya terdapat berbagai informasi termasuk cara pengisian baterai Hp yang benar dan sesuai dengan anjuran. Untuk itu, perhatikan bagaimana cara atau prosedur pengisian baterai yang benar agar baterai Hp awet. Terlebih untuk jenis Hp tipe smartphone yang sebagian besar baterainya lebih sensitif sehingga perlu perlakukan yang hati-hati. Jangan memberikan tekanan fisik berlebih pada jenis baterai Hp lithium-ion karena akan membuat baterai bisa rusak.

2. Matikan Hp Saat Sedang Diisi
Ada yang mengatakan bahwa mengisi baterai dalam keadaan Hp dinon aktifkan lebih membuat baterai Hp jadi lebih awet dan terhindar dari kerusakan. Hal ini memang benar adanya, Hp yang di-charge dalam keadaan off dapat mencegah berbagai aktivitas mobile saat pengisian sedang berlangsung, misalnya saja panggilan telpon yang tiba-tiba masuk. Ada baiknya untuk mematikan sejenak ponsel hingga baterai benar-benar terisi penuh.

3. Jangan Gunakan Hp Saat Sedang Dalam Proses Pengisian
Salah satu kebiasaan buruk dan banyak dilakukan oleh pengguna ponsel adalah tetap menggunakan ponsel meski sedang dalam proses charging. Padahal hal ini sangat berpotensi membuat baterai Hp jadi cepat rusak dan panas.

4. Gunakan Charger Yang Sesuai Tipe Dan Merk Ponsel
Usahakan untuk menggunakan charger yang memang sesuai dengan tipe dan merk ponsel. Jangan menggunakan charger dari merk lain karena bisa saja peruntukkannya berbeda dan tidak sesuai dengan kebutuhan tipe baterai Hp yang kamu gunakan.

5. Segera Ganti Baterai Hp Jika Rusak
Jika memang baterai Hp yang digunakan sudah terindikasi rusak, sebaiknya segera ganti. Hindari untuk menggunakan atau membiarkan baterai Hp rusak tetap terpasang pada ponsel dalam waktu lama karena hal ini berpotensi dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen lain.

6. Gunakan Baterai Hp yang Original
Kamu mungkin saja menemukan baterai Hp yang murah ketika ingin membeli baterai Hp yang baru, namun jangan langsung tergiur untuk membelinya jika memang belum mengetahui pasti asli tidaknya produk tersebut. Lebih baik beli yang asli/original dan dari merk yang sama meski dengan harga yang lebih mahal, namun hal ini jauh lebih aman daripada membeli baterai Hp yang murah namun tidak terjamin dan berpotensi cepat rusak kembali. Belilah ditempat yang terjamin keamanannya dan terpercaya menjual berbagai produk ponsel dengan jaminan produk asli berkualitas. Tidak masalah, mau beli di toko ponsel ataupun toko online, selama baterai Hp yang ditawarkan original.

Semoga, dengan penjelasan mengenai cara membuat baterai Hp awet atau 6 tips agar baterai Hp awet, tahan lama dan tidak mudah rusak ini dapat membantu baterai hp kamu terhindar dari kerusakan tadi, ponsel kamu jadi bisa lebih awet dan bisa lama digunakan dengan baik.

Jangan ragu membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Salam!

Previous

6 Tips Membersihkan Ponsel Yang Mudah Agar Tidak Cepat Rusak Dan Kotor

5 Smartphone Terbaru dan Terbaik di 2019

Next