);

6 Tips Membersihkan Ponsel Yang Mudah Agar Tidak Cepat Rusak Dan Kotor

| |

idTekno.net – Di jaman sekarang, siapa sih yang ga punya HP? Rata-rata pasti punya kan?! Dari sekian banyak pengguna ponsel, ada berapa orang yang kira-kira rutin membersihkan ponselnya? Tentu hanya sebagian saja. Ya, banyak orang yang lebih memperhatikan kebersihan bagian software HP ketimbang bagian luar atau fisiknya. Padahal, tampilan luar ponsel juga tidak kalah penting. Ponsel yang rutin dibersihkan memang terbukti lebih awet, paling tidak dari segi penampilan terlihat menarik lebih lama, bahkan dulu salah satu teman saya yang mempunyai kebiasaan membersihkan ponsel miliknya 1 bulan sekali, tetap terlihat baru meski sudah 1 tahun digunakan.

Ingin HP punya kamu terlihat lebih bersih dan menarik? Tidak perlu harus menggantinya dengan yang baru, cukup lakukan tips membersihkan ponsel yang mudah seperti di bawah ini.

1. Buka Ponsel Dan Lepas Baterainya
Langkah pertama untuk membersihkan HP adalah dengan membuka casingnya. Biasanya, HP dapat dibuka tutup pada bagian belakangnya, dimana pada bagian tersebut jadi tempat peletakkan baterai. Untuk jenis HP yang dapat dilepas bagian baterainya, maka lepaskan terlebih dahulu ketika hendak membersihkannya.

2. Pakai Tisu Atau Kain Lembut
Ambil tisu kering atau kain lembut untuk digunakan menyapu kotoran berupa debu yang menempel pada bagian ponsel, biasanya pada sela-sela bagian dalam ponsel sering terdapat debu yang tidak disadari. Bersihkan secara perlahan dan hati-hati terutama pada bagian ponsel yang sensitif dan mudah rusak. Usap lembut hingga bagian ponsel jadi bersih. Tips membersihkan ponsel yang mudah ini bisa kamu lakukan diwaktu senggang.

3. Pakai Cairan Pembersih LCD
Untuk bagian layar atau LCD ponsel, gunakan cairan khusus pembersih LCD yang banyak dijual dipasaran. Hindarkan untuk menyemprotkan langsung cairan pembersih ke layar HP karena biasanya kemasan cairan pembersih ini ada yang dalam bentuk spray. Gunakan lap lembut yang dibasahi cairan pembersih, setelah itu barulah usap dan bersihkan layar.

4. Pakai Selotip
Cara atau tips membersihkan ponsel yang mudah satu ini memang tergolong aneh namun cukup ampuh untuk mengangkat kotoran yang membandel pada layar HP. Ya, efek rekat pada selotip dapat membuat layar jadi lebih bersih karena kotoran yang masih ada di layar jadi bisa terangkat. Rekatkan selotip pada layar atau bagian ponsel yang dirasa masih kotor, lalu buka rekatannya secara perlahan.

5. Pakai Catton Bud
Untuk menjangkau bagian-bagian yang sulit pada ponsel, gunakan ujung catton bud. Pilih ukuran catton bud yang kecil agar mudah digunakan untuk membersihkan bagian yang agak berlubang.

6. Pasang Antivirus
Jika pembersihan luar dan fisik ponsel sudah dilakukan secara keseluruhan, maka tidak ada salahnya untuk membersihkan bagian dalam atau sistem ponsel. Caranya tentu saja dengan melengkapi HP dengan antivirus aktif. Terlebih jika HP sering digunakan untuk akses internet, potensi untuk masuknya virus juga semakin besar. Agar tetap bersih dan bebas virus, install antivirus ke dalam ponsel dan lakukan update secara berkala.

Jika ingin menerapkan tips membersihkan ponsel yang mudah seperti di atas, kamu bisa melakukannya secara rutin sebulan sekali. Ponsel yang selalu bersih akan terasa nyaman digunakan. Kamu tidak perlu harus sering ganti-ganti HP, cukup bersihkan saja HP milik kamu secara teratur, maka rasanya sudah seperti memakai HP baru. Tidak percaya?! Buktikan dan coba saja sendiri!

Previous

A guide to styling and making Dispatch your own

6 Tips Agar Baterai Hp Jadi Awet, Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Next