Hendak Berlibur dengan Mengendarai Motor, Ini 6 Bagian Motor yang Harus Anda Cek! -
Hendak Berlibur dengan Mengendarai Motor, Ini 6 Bagian Motor yang Harus Anda Cek!

Hendak Berlibur dengan Mengendarai Motor, Ini 6 Bagian Motor yang Harus Anda Cek!

Bepergian jauh dengan berkendara menggunakan sepeda motor masih digemari masyarakat karena alasan praktis. Selain itu, motor juga dapat menekan budget perjalanan dibanding dengan menggunakan mobil. Tak ayal bila motor menjadi favorit banyak orang. Nah, jika Anda juga penggemar berkendara dengan motor dan hendak berlibur menggunakan kendaraan ini, Anda harus memeriksa beberapa bagian penting motor sebelum berkendara. Selain Oli samping untuk motor 2 tak, apa saja, sih,  bagian motor yang harus Anda cek? Cari tahu jawabannya, yuk!

Table of Contents

1. Oli mesin

Seperti oli samping untuk motor 2 tak, oli mesin untuk motor 4 tak harus dalam kondisi baru. Ketika Anda terus berkendara dengan oli berumur lama, yang akan terjadi adalah terkuncinya mesin motor Anda atau bahkan turunnya mesin motor.  Jika hal ini terjadi, mesin sepeda motor Anda harus dibongkar. Tentu saja aktivitas ini akan memakan banyak waktu serta biaya Anda di perjalanan.

2. Busi

Sebelum berkendara dengan motor Anda, ada baiknya Anda mengecek busi terlebih dahulu. Sebab busi yang kotor, basah, dan hitam menandakan busi perlu diganti. Jika keadaan busi tidak dicek, maka motor akan macet total dan tidak bisa dihidupkan sewaktu di perjalanan.

3. Karburator atau injeksi

Jangan meremehkan komponen satu ini, ya! Sebab bagian ini sangat penting dan vital untuk motor. Jika karburator atau injeksi pada motor Anda kotor, maka akan ia sering macet-macetan di perjalanan. Akibatnya adalah mesin motor mati setiap jarak 100 meter. Untuk itu, cek busi Anda terlebih dahulu sebelum Anda kerepotan di tengah jalan.

4. Ban

Banyak orang mengalami kecelakaan karena kondisi ban yang sudah tipis. Ban yang tidak sesuai akan menyebabkan motor mudah tergelincir. Oleh karena itu, Anda diharuskan untuk melakukan pengecekan ban. Kalau sudah tipis bahkan botak, langsung ganti ban dengan yang baru serta sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalan yang akan Anda tempuh. Jangan lupa juga untuk periksa angin ban agar tidak kempes di tengah jalan.

5. Rem

Rem depan dan belakang harus dalam kondisi baik dan pakem. Banyak kecelakaan fatal yang diakibatkan oleh rem tidak berfungsi. Anda harus melakukan pengecekan dengan baik mulai dari tali hingga ke kampasnya jika pakai rem cakram.

6. Sistem Penerangan

Untuk menjaga agar perjalanan saat gelap menjadi aman dan nyaman, lampu-lampu seperti headlamp, stop lamp, dan sein harus dicek. Pengecekan lampu juga harus termasuk pada saklar-saklarnya, ya. Periksa apakah keduanya berfungsi normal atau seret. Jika seret, bersihkanlah dengan menggunakan semprotan antikarat.

Itu dia 6 bagian penting yang harus Anda cek sebelum berkendara jauh dengan sepeda motor. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!