);
Tanya Dokter Anak Online Halodoc

Tanya Dokter Anak Online: Cara Menjaga Kesehatan Anak Sehingga Tidak Mudah Terserang Penyakit

Belakangan ini kondisi cuaca memang tidak menentu, perubahan yang terjadi memang berlangsung secara signifikan, misalnya adalah siang hari yang begitu terik, namun si sore hari tiba-tiba hujan deras. Kondisi semacam ini memang cukup mengganggu kesehatan, bahkan kabar kali menyebabkan penyakit. Apalagi pada anak-anak yang daya tahan tubuhnya memang belum sekuat orang dewasa, untuk itu patut diwaspadai, jika terjadi sesuatu pada buah hati Anda tanya dokter anak online untuk menemukan jawaban secepatnya, apalagi untuk masalah kesehatan.

Faktanya memang ada beragam jenis penyakit yang rentan menyerang buah hati pada saat kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, mulai diantaranya adalah demam, batuk sampai dengan flu. Karena memang pada kondisi cuaca semacam ini virus dan juga bakteri jauh lebih cepat berkembang biak sehingga bisa menyebabkan berbagai macam jenis penyakit. Langkah terbaik memang dengan menjaga kesehatan agar tidak sampai terserang penyakit, apalagi di usia anak-anak daya tahan tubuh mereka juga masih belum berkembang sempurna sebagaimana orang dewasa,

Berikut ini diantara tips menjaga kesehatan tubuh anak sehingga tidak mudah sakit, yaitu:

  1. Mengajak buah hati agar terus aktif bergerak, jangan melarang buah hati jika seandainya mereka senang bermain diluar bersama dengan teman-temanya, justru sebagai orang tua hendaknya Anda harus mengajak mereka agar lebih aktif bergerak. Hal ini dikarenakan aktivitas fisik ini berguna sebagai pemulihan yang ampuh, jika dibandingkan dengan pengobatan biasa. Ibaratnya aktivitas fisik ini sama halnya dengan olahraga yang bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh.
  2. Rajin mencuci tangan, bagaimanapun tidak bisa dipungkiri jika seandainya tangan ini adalah rantai pertama dalam persebaran penyakit. Untuk itu para orang tua hendaknya harus membiasakan diri mengajak buah hati mereka untuk cuci tangan setelah dan sebelum melakukan sesuatu, cuci tangan dengan sabun ini sangatlah efektif untuk mencegah resiko penyakit, baik itu penyakit ringan maupun yang berbahaya.
  3. Menjalani vaksinasi, sejak kecil hendaknya anak sudah harus di vaksin, khususnya adalah vaksin-vaksin yang memang dapat digunakan untuk mencegah penyakit. Karena memang di dalam vaksin tersebut terkandung sebuah antigen yang nantinya berperan sebagai antibodi untuk menangkal beberapa jenis penyakit berbahaya. Jadi ikutilah setiap jadwal vaksinasi yang hendaknya harus dilakukan buah hati, meskipun nantinya mereka akan menangis karena sakit, namun harus tetap dipaksa untuk upaya pencegahan dari penyakit berbahaya.
  4. Berikan mereka asupan nutrisi yang seimbang, cara lainnya yang harus diterapkan untuk menjaga kesehatan buah hati adalah dengan memberikan mereka makanan yang bergizi, karena bagaimanapun asupan nutrisi ini berguna untuk meningkatkan sistem imuns atau kekebalan yang ada pada tubuh mereka, sehingga nantinya tidak akan mudah terserang penyakit.
  5. Cukupi kebutuhan istirahatnya, istirahat juga menjadi hal yang penting bagi anak-anak, apalagi ketika usianya masih di bawah 12 tahun kebutuhan tidurnya masih di atas 8 jam setiap hari. Jika kurang dari itu sudah pasti akan membuat kekebalan tubuhnya juga melemah, jadi lebih mudah terserang penyakit.

Konsultasi lebih banyak masalah kesehatan buah hati Anda bisa lewat Halodoc, tanya dokter anak online yang memang sudah berpengalaman. Hal ini tentunya memberikan lebih banyak manfaat bagi Anda, karena memang hemat tenaga dan juga waktu, apapun permasalahannya dapat dikonsultasikan secara mudah online. Chattingan bisa dilakukan secara realtime kapan pun.