Info Lengkap Seputar Persyaratan Dan Perkiraan Biaya Perpanjangan SIM
Info Lengkap Seputar Persyaratan Dan Perkiraan Biaya Perpanjangan SIM

Info Lengkap Seputar Persyaratan Dan Perkiraan Biaya Perpanjangan SIM

Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah salah satu persyaratan yang harus dimiliki oleh pengemudi kendaraan bermotor. SIM sendiri memiliki masa berlaku, sehingga ketika sudah habis masa berlakunya, pemilik harus mengurus  perpanjangan masa SIM tersebut.

Untuk melakukan perpanjangan SIM, diperlukan beberapa persyaratan untuk perpanjang SIM yang harus dipenuhi. Selain itu, juga ada biaya yang dikenakan untuk melakukan perpanjangan ini.

Lalu, apa saja persyaratan lengkap yang diperlukan dan berapa perkiraan biayanya? Untuk mengetahuinya lebih jauh, Anda bisa simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Persyaratan

Persyaratan untuk perpanjangan SIM tidak berbeda jauh dengan persyaratan yang diperlukan untuk mencari SIM pertama kali. Informasi mengenai persyaratan ini bisa dilihat langsung di kantor Polres, dan bisa juga mencari informasi melalui laman internet. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • SIM

Untuk melakukan perpanjangan SIM, Anda harus menyertakan SIM asli sebagai persyaratan. SIM asli ini diserahkkan sebagai bukti bahwa yang bersangkutan sudah pernah melakukan tes, dibuktikan dengan memiliki Surat Izin Mengemudi. Setelah SIM ini diserahkan, nantinya akan diganti dengan yang baru.

  • Fotocopy SIM

Selain menyerahkan SIM asli, Anda juga harus menyertakan fotocopy SIM sebanyak 2 lembar. Fotocopy SIM ini nantinya akan dijadikan lampiran berkas yang diserahkan.

  • Fotocopy KTP

Syarat lainnya adalah fotocopy Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Sama dengan fotocopy SIM, fotocopy KTP yang diperlukan adalah sebanyak 2 lembar.

  • Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat ini bisa didapatkan di tempat pelayanan perpanjangan SIM. Di sini yang diujikan  adalah kesehatan mata dengan alat uji berupa membaca deretan huruf dan membedakan warna.

  • Lulus Tes Psikologi

Tes psikologi juga bisa dilakukan di tempat pelayanan. Tes psikologi berisi pengetahuan terkait aturan berkendara, serta sikap dan pendapat tentang hal-hal yang bisa terjadi saat berkendara.

  • Mengisi Formulir Pendaftaran

Syarat selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran. Hal ini dilakukan setelah yang bersangkutan selesai melakukan beberapa tes yang disyaratkan.

Langkah-langkah Melakukan Perpanjangan SIM

Langkah pertama untuk melakukan perpanjangan SIM adalah datang di lokasi perpanjangan SIM yaitu di Polres terdekat.  Setelah itu, Anda bisa langsung menuju lokasi tes kesehatan dan melakukan tes disana. Bila dinyatakan lulus dari tes kesehatan, langkah selanjutnya adalah menuju lokasi tes psikologi.

Di lokasi ini, Anda akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan tertulis. Setelah selesai, akan dilakukan verifikasi data oleh petugas. Selanjutnya, semua hasil tes dan persyaratan lain seperti fotocopy SIM, KTP, dan SIM asli bisa diserahkan ke loket. Di sini Anda akan mendapatkan nomor antrian.

Dari loket antrian, Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran di loket yang sudah ditentukan. Selanjutnya adalah menunggu untuk dilakukan proses pemotretan dan pengambilan sidik jari. Setelah  proses pencetakan , maka petugas akan memanggil untuk memberikan SIM baru Anda.

Biaya Perpanjangan SIM

Perkiraan biaya untuk perpanjangan SIM tentunya jauh di bawah biaya yang diperlukan untuk mencari SIM pertama kali. Informasi biaya yang diperlukan untuk perpanjangan SIM ini juga bisa didapatkan di lokasi dan pasti terpampang dengan jelas.

Besar biaya perpanjangan SIM tidak sama untuk setiap jenis SIM. Perbedaan besar biaya ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah yang sudah ditetapkan. Semakin besar jenis kendaraan, maka biaya yang diperlukan juga semakin besar.

Untuk SIM A, yaitu kendaraan roda 4, biaya perpanjangan SIM sebesar Rp. 80.000,-. Sedangkan SIM B, untuk kendaraan besar seperti bis dan truk, biayanya juga sama sebesar Rp. 80.000,-.

Selanjutnya, untuk kendaraan roda 2 atau SIM C, biayanya sebesar Rp.75.000,-. Terakhir, untuk SIM D, biaya sebesar Rp.30.000,-

Selain biaya tersebut, ada biaya tambahan yaitu untuk tes kesehatan sebesar Rp. 25.000, tes psikologi sebesar Rp. 50.000, Asuransi Rp. 30.000, fotocopy sekaligus map sekitar Rp. 5.000, dan khusus Sim B1,B2, maupun SIM Umum ada biaya SKUKP sebesar Rp.50.000.

Bagi yang tidak menyukai antrian yang panjang, sekarang mengurus perpanjangan SIM bisa dilakukan secara online. Selain itu, ada juga layanan SIM Keliling, yang akan melayani perpanjangan SIM secara bergantian dari satu lokasi ke lokasi lainnya.