5 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi yang Penting Diketahui Calon Pembeli
5 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi yang Penting Diketahui Calon Pembeli

5 Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi yang Penting Diketahui Calon Pembeli

Kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi penting untuk diketahui apabila Anda berkeinginan membeli handphone dari produsen satu ini. Merek Xiaomi beberapa tahun belakangan ini memang sangat populer di Indonesia. Banyak konsumen memilih merek ini karena harga dan spesifikasi yang ditawarkan sesuai untuk kalangan menengah ke bawah.

Akan tetapi, setiap merek ponsel pintar tentu tidak hanya memiliki kelebihan, tapi juga terselip kekurangan di dalamnya. Jika saat ini Anda hendak membeli handphone baru dan mempertimbangkan merek Xiaomi, maka informasi berikut akan sangat bermanfaat.

Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Di Indonesia merek Xiaomi menempati urutan kedua merek ponsel pintar yang paling banyak digunakan. Harga yang lebih murah menjadi alasan terbesar mengapa konsumen lebih memilih merek satu ini. Namun, bukan berarti handphone dari produsen asal Tiongkok ini tidak memiliki kekurangan. Berikut adalah informasi mengenai kelebihan serta kekurangan dari merek Xiaomi.

5 Kelebihan HP Xiaomi

Brand Xiaomi dapat bersaing di pasar nasional bahkan internasional tidak lepas dari berbagai kelebihan yang dimilikinya. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan handphone jenis ini dan ingin membelinya, ketahui dahulu kelebihan-kelebihannya berikut ini:

1.     Harga Murah dengan Spesifikasi Bersaing

Keunggulan pertama dan utama dari HP Xiaomi adalah harganya yang sangat murah jika dibandingkan dengan merek lain. Handphone dengan spesifikasi chipset snapdragon 425, RAM 2 GB, dan ROM 32 GB, biasanya akan diberi harga di atau 1,3 juta, tapi Xiaomi dapat memberikan harga 1 juta bahkan lebih murah. Inilah yang membuat banyak orang lebih memilih merek asal Tiongkok ini.

2.     Dukungan dari Komunitas

Kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi yang beredar di pasaran tidak lepas dari dukungan komunitas atau fans brand satu ini. Komunitas ini terbentuk setelah Xiaomi mengeluarkan handphone-handphone berharga murah dengan spesifikasi mumpuni. Hingga kini, MI Fans terus mendukung penjualan merek Xiaomi di Indonesia.

3.     MIUI

Tahukah Anda apa itu MIUI? Yaitu firmware atau OS berbasis Android yang dikembangkan oleh Xiaomi. Tampilan antarmuka  MIUI sangat disukai konsumen karena mirip dengan iOS dan TouchWiz dari Apple dan Samsung. Hal ini mendukung meningkatnya penjualan handphone Xiaomi.

4.     Inovatif

Nah, kelebihan dari merek XIaomi adalah produknya sangat inovatif. Selalu menghadirkan fitur inovatif yang membuat konsumen tidak bisa berpaling. Bahkan Xiaomi masuk dalam 35 perusahaan paling inovatif di dunia.

5.     Memiliki Desain Elegan

Walau harganya cenderung murah, tapi kualitas desainnya tidak mengecewakan. Xiaomi memiliki desain sendiri, bukan dengan meniru desain merek ternama lainnya. Desain unik dan elegan inilah yang membuat Xiaomi semakin ternama.

5 Kekurangan HP Xiaomi

Kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi memang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli salah satu produknya. Tidak ada produk sempurna, begitu pula produk besutan Xiaomi. Tentu saja ada kelemahan di balik seabrek kelebihan yang dimilikinya. Nah, agar Anda tidak hanya tahu kelebihannya, simak 5 kekurangan HP Xiaomi berikut:

1.     Harga Jual Kembali Cenderung Rendah

Jika Anda ingin menjual kembali handphone Xiaomi yang sudah dibeli harus merelakannya dijual dengan harga cukup murah. Namun, hal ini berimbang dengan harga handphone baru Xiaomi yang juga cukup murah.

2.     Lebih Cepat Panas

Kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi menjadi dasar konsumen dalam membeli. Salah satu kekurangan yang dimiliki handphone merek Tiongkok ini adalah lebih cepat mengalami overheat. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah baterai, RAM, processor, dan berbagai sebab lainnya.

3.     Terlalu Banyak Distributor

Di balik kepopuleran Xiaomi ada oknum yang ingin mengambil keuntungan, yaitu para distributor penyalur handphone. Untuk distributor HP Xiaomi jumlahnya sangat banyak, karena itu ada jalur resmi dan tidak resmi yang akan berpengaruh pada garansi handphone tersebut.

4.     Build Quality Rendah

Hingga saat ini build quality yang dimiliki oleh HP Xiaomi dianggap sangat kurang dan kurang solid. Akan tetapi, dari produsen sendiri sudah melakukan banyak inovasi untuk memperbaiki kelemahan satu ini.

5.     Tidak Ada Aksesoris Tambahan

Ketika Anda membeli handphone Xiaomi, dalam boks tidak akan tersedia earphone yang biasanya selalu disertakan oleh produsen handphone. Jika ingin mendapatkan earphone Xiaomi, Anda harus membeli secara terpisah.

Jadi, itulah kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi yang perlu Anda ketahui. Poin-poin kelebihan maupun kekurangan ini dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum membeli. Saat membeli, pastikan Anda memilih produk dengan garansi resmi walaupun harus membayar sedikit lebih mahal.