);

Ketahui Performa Baterai Laptop Lewat 5 Software Ini

| |

idTekno.net – Perangkat hardware dalam komputer sangatlah penting untuk mendukung performa gadget kamu. Baterai merupakan salah satu hal penting sebagai sumber energi laptop. Pemeriksaan baterai pada laptop sangat penting dilakukan agar kamu mengetahui secara detail kondisinya. Kini, performa baterai laptop bisa diketahui dengan 5 software berikut ini.

Ketahui Performa Baterai Laptop Lewat 5 Software Ini

Performa Baterai Laptop

1. BatteryCare
Aplikasi ini mampu mengoptimalkan pemakaian baterai laptop. Dalam sistem kerjanya, aplikasi BatteryCare dapat memonitor siklus discharge pada baterai. Oleh karena itu, kamu bisa memperoleh informasi terkait umur baterai dalam pemakaiannya. Aplikasi pemeriksa performa baterai ini mempunyai fitur cukup lengkap, sehingga cukup baik digunakan.

Selain pemantauan terhadap siklus discharge, aplikasi ini mampu menampilkan segala informasi yang lengkap. Software ini mampu membaca suhu CPU serta Hard Disk ketika dipakai. Jadi, apabila suhu terdeteksi mengalami peningkatan yang tidak wajar, maka segera matikan laptop yang digunakan agar tidak terlalu panas dan cepat rusak.

2. BatteryInfoView
Aplikasi gratis ini juga direkomendasikan untuk memeriksa performa baterai laptop. Software ini mampu menampilkan info lengkap tentang kondisi baterai laptop yang terdiri dari nama baterai, nama produsen, tanggal produksi, nomor seri, sampai pada status daya. Kapasitas baterai juga ditampilkan melalui aplikasi ini.

3. BatteryBar
BatteryBar tergolong lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Dari segi tampilannya, aplikasi ini memang terlihat lebih sederhana. Aplikasi ini jauh lebih simpel karena menampilkan info baterai lewat toolbar. Sistem kerja BaterryBar adalah melengkapi info baterai yang biasa muncul dari toolbar.

Cara mengetahui informasi cukup mudah. Kamu tinggal mengarahkan kursor ke arah toolbar tersebut dengan klik satu kali. Info yang muncul terkait dengan baterai dapat dilihat untuk mengetahui kondisi baterai laptop terkini.

Baca Juga : 7 Software Komputer Paling Utama yang Wajib Tersedia

4. Battery Mon
Aplikasi yang keempat ini mampu melakukan pengecekan secara akurat dan menampilkan data lengkap terkait dengan kondisi baterai laptop yang kamu gunakan. Software ini menyediakan grafik yang lengkap dari pemakaian baterai dan tingkat discharge laptop.

Penyajian data hasil pemeriksaan aplikasi ini dilakukan dalam berbagai cara, di antaranya melalui widget sampai melalui email apabila data penggunaan sudah melampaui batas. Jadi, kamu akan memperoleh notifikasi by email jika penggunaan laptop sudah menyebabkan kondisi baterai terlampau panas ataupun daya baterai sudah hampir habis.

5. Battery Logger
Software ini mampu mendeteksi serta melihat adanya hal-hal yang janggal pada pemakaian baterai laptop. dengan menggunakan aplikasi ini, kamu sebagai pemakai dapat melihat bagaimana kondisi baterai. Battery Logger ini juga mampu memeriksa setiap kali ada aktivitas baterai laptop serta setiap ada kesalahan pemakaian.

Apabila benar-benar terdeteksi ada kesalahan atau kegiatan yang tidak biasanya, maka aplikasi ini akan membuat dan segera menampilkan notifikasi pemberitahuan. Notifikasi ini berisikan pemberitahuan log error secara otomatis. Karenanya, kamu bisa mengontrol pemakaian laptop agar baterai tidak terlampau panas.

Cara untuk mengontrol pemakaian baterai laptop adalah dengan mematikan laptop ataupun mengurangi penggunaan aplikasi. Pengurangan pemakaian aplikasi ini bisa diterapkan ketika memang kamu sedang banyak pekerjaan yang harus diselesaikan menggunakan laptop. Untuk itu, bijaklah dalam menggunakan laptop kamu.

Banyak hal yang dapat diketahui lewat software yang kini sudah tersedia dengan kecanggihannya. Pemeriksaan kondisi baterai mulai dari daya yang tersisa hingga informasi lain yang lebih detail bisa kamu kontrol melalui hasil pemeriksaan dari perangkat lunak di atas. Dengan mengetahui performa baterai laptop, kamu bisa mendeteksi ketahanan baterai.

Previous

Spesifikasi Lengkap Smartphone Xiaomi Mi Mix 2 yang Gahar

5 Teknologi Canggih Tablet PC yang Bisa Ada di Masa Depan

Next