Manfaatkan Cloud Hosting Terbaik untuk e-Learning, Ini 6 Rekomendasi Plugin LMS-nya

Manfaatkan Cloud Hosting Terbaik untuk e-Learning, Ini 6 Rekomendasi Plugin LMS-nya

Agar pembelajaran online yang Anda lakukan makin menarik, tak adanya salahnya Anda gunakan layanan cloud hosting terbaik lalu kombinasikan dengan beragam plugin LMS. Kehadiran plugin LMS yang beragam jenisnya, akan mempermudah anak didik untuk mengikuti pembelajaran via daring atau secara online. Tak hanya itu, anak didik pun bisa terhindar dari rasa bosan saat belajar online.

Apa Itu LMS?

Sebelum membahas mengenai plugin menarik apa saja yang baiknya digunakan di situs pembelajaran, baiknya Anda pahami dulu mengenai LMS. LMS merupakan singkatan dari Learning Management System. Sistem ini merupakan sistem khusus yang dirancang untuk mengelola kursus atau pembelajaran secara online.

Pada situasi yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online seperti sekarang ini, peran LMS ini tentu begitu krusial. Dengan memanfaatkan sistem ini, maka guru bisa dengan mudah mendistribusikan materi pelajaran, mendistribusikan tugas, melakukan penilaian, serta menampilkan hasil penilaian tersebut.

LMS ini sendiri menghadirkan banyak fitur menarik yang tentunya mendukung jalannya proses belajar mengajar secara online. Fitur yang dimaksud tersebut misalnya fitur pendaftaran, virtual classroom, kostumisasi, jaringan sosial, dan komunikasi. Kesemua fitur yang ada ini, tentunya bakal membuat anak didik bisa memahami pelajarannya walau harus belajar secara online.

Rekomendasi Plugin LMS

Berhasil atau tidaknya e-learning dengan memanfaatkan LMS, akan sangat bergantung pada plugin yang digunakan pada situs tersebut. Plugin LMS ini sendiri ada banyak jenisnya, yang tentunya masing-masing memiliki keunikan dan keunggulannya tersendiri. Agar tak bingung memilih plugin yang mana, berikut 6 rekomendasi plugin LMS berbasis WordPress yang bisa Anda pilih.

  1. LearnDash

Plugin LMS pertama yang direkomendasikan untuk kegiatan e-learning yang akan Anda lakukan adalah LearnDash. Penyedia plugin ini sendiri mengklaim bahwa produknya ini merupakan plugin LMS berbasis WordPress yang paling tepercaya. LearnDash digunakan oleh sekitar 500 perusahaan, universitas terkemuka, kursus pelatihan, dan para entrepreneur untuk menjual kursus online-nya.

Dengan memakai LearnDash, maka akan sangat mudah bagi Anda untuk membentuk kelas kursus atau pembelajaran, mengadakan tes atau kuis, serta memberikan sertifikat penghargaan. Anda yang tertarik untuk membuka kelas kursus berbayar pun juga sangat bisa dengan mudah mempromosikan kelas tersebut via plugin satu ini.

Khusus untuk kelas berbayar, ada beberapa cara akses yang bisa Anda tawarkan bagi calon siswa di kelasnya nanti, seperti membership dan one-time price. Jika memilih membership, maka calon siswa harus membayar biaya keanggotaan penuh, sehingga bisa mengakses semua kursus. Namun, jika memilih one-time price, satu kali pembayaran untuk satu jenis kursus saja.

LearnDash juga memungkinkan siswa di kelas Anda untuk mengakses materi baru, menggunakan poin yang didapat setelah menyelesaikan materi sebelumnya. Dengan begini, siswa akan bersemangat untuk menyelesaikan materi sebelumnya. Plugin ini bisa Anda gunakan dengan membayar mulai dari $199 atau 3 jutaan per tahunnya.

  1. Teachable

Selanjutnya, ada plugin LMS dengan nama Teachable. Dengan menggunakan layanan cloud hosting terbaik lalu mengombinasikannya dengan plugin satu ini, maka Anda bisa menghadirkan kelas untuk belajar online yang sangat menarik. Anda bisa mengintegrasikan kelas online ini ke situs lama yang Anda miliki atau memasangnya di subdomain yang disediakan oleh Teachable.

Beberapa fitur menarik yang dihadirkan oleh Teachable seperti kuis dan juga forum diskusi. Jadi, walaupun harus terpisah oleh jarak dan hanya dipertemukan secara online, pembelajaran yang menarik akan tetap bisa berlangsung. Agar Anda bisa menggunakan Teachable berikut dengan fitur dasarnya, tarif yang harus Anda bayarkan mulai dari $39 atau 500 ribuan per bulannya.

  1. LifterLMS

Plugin selanjutnya yang juga sangat direkomendasikan untuk keberlangsungan kelas online Anda adalah LifterLMS. Fitur yang dihadirkan oleh LifterLMS ini hampir sama dengan yang dihadirkan oleh LearnDash, sebut saja adanya sertifikat, lencana pencapaian, dan kursus privat. Anda pun bisa menjual kursus atau kelas online lewat plugin ini.

Metode monetisasi yang bisa dipakai di plugin ini terbilang beragam. Tersedia metode pembayaran membership, bundle, dan juga members-only pricing. Jika pilih membership, maka pengguna bisa mengakses semua kursus yang tersedia di situs pembelajaran tersebut. Plugin ini sendiri bisa dipakai untuk pribadi dengan membayar $99 atau sekitar 1.5 jutaan per tahunnya.

  1. LearnPress

Jika sebelumnya membahas tentang plugin LMS yang berbayar, plugin bernama LearnPress ini bisa digunakan secara gratis. LearnPress menghadirkan interface yang menarik, sehingga Anda bisa dengan mudah membuat materi pembelajaran. Asyiknya lagi, LearnPress memungkinkan penggunanya mengirim dan menggunakan materi dari situs lain yang juga menggunak plugin ini.

Ada addon menarik juga yang bisa Anda manfaatkan di LearnPress, misalnya saja seperti Wishlist, Course Review, dan Prerequisite Courses. Ketiga addon tersebut bisa Anda gunakan secara gratis pula. Pemakaian plugin ini juga memungkinkan Anda untuk mengintegrasikannya dengan forum bbPress, media sosial BuddyPress, dan juga WooCommerce.

  1. WP Courseware

Maksimalkan pengajaran online Anda dengan memakai layanan cloud hosting terbaik, lalu pasang plugin WP Courseware di situs tersebut. Plugin ini merupakan solusi praktis bagi Anda yang ingin membuat kelas online atau pun menawarkannya melalui melalui situs Anda. Salah satu keistimewaan plugin ini adalah karena adanya fitur drag and drop builder.

 Melalui fitur drag and drop builder ini, maka Anda bisa dengan mudah membuat kelas online  lalu mempublikasikannya. Plugin ini juga memiliki fitur kuis, yang memungkinkan Anda membuat banyak tipe kuis, yang dilengkapi dengan timer dan juga limit pengulangan kuis tersebut. Dengan adanya fitur ini, tentu saja pembelajaran akan jadi jauh lebih menarik.

WP Courseware juga dilengkapi dengan fitur khusus berupa email yang berisikan feedback atas aktivitas yang dilakukan oleh siswa. Setiap siswa akan menerima email dengan isi yang berbeda, disesuaikan dengan skor atau nilai yang mereka peroleh. Dengan begini, maka kemampuan siswa akan bisa ditingkatkan secara merata, tanpa ada satu yang ketinggalan di belakang.

  1. Sensei

Sensei merupakan plugin premium yang bisa Anda gunakan untuk keperluan pembelajaran online. Tim desainer yang merancang plugin ini merupakan tim yang sama di balik kesuksesan WooCommerce, plugin terkemuka WordPress untuk e-commerce. Pembuatan kelas online, pembuatan materi dan proses publikasinya terbilang sangat mudah dengan memakai Sensei.

Sensei menyediakan fitur khusus berupa laporan, yang akan memberikan gambaran mengenai materi pembelajaran, penilaian, serta siapa saja siswa yang terdaftar di situs tersebut. Layanan basic Sensei ini bisa Anda gunakan secara gratis. Namun jika ingin menikmati semua fiturnya, maka Anda harus membayar mulai dari $129 atau sekitar 2 jutaan per tahunnya.

Itulah tadi 6 rekomendasi plugin LMS yang bisa Anda pakai untuk kepentingan belajar online. Anda yang tertarik untuk membuka kursus online berbayar pun, juga bisa memanfaatkan plugin LMS di atas. Kombinasikan plugin ini dengan situs layanan cloud hosting terbaik, sehingga pembelajaran atau kursus online yang dihadirkan bisa mudah diakses dan tak gampang down.