Obat Asam Urat -
Obat Asam Urat

Obat Asam Urat

Penyakit asam urat disebut juga dengan istilah Artritis gout, penyakit gout, gout, gouty arthritis, pirai, urarthritis, podagra, penyakit sendi akibat asam urat. Penyakit ini yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam darah yang menumpuk di organ-organ tertentu dalam tubuh. Asam urat atau gout menyerang sekitar 3-5% penduduk yang berusia di atas empat puluh tahun. Pria dewasa, wanita yang sudah menopause, penderita ginjal kronis, dan penderita kanker sel darah putih rentan terkena gout.

Asam urat di dalam tubuh manusia berasal dari makanan yang mengandung purin dan dari sintesis nukleotida purin endogen. Asam urat dikeluarkan tubuh melalui ginjal. Dapat terjadi timbunan asam urat di sendi, jaringan sekitar sendi, ginjal, saluran kemih, jantung, telinga, kelopak mata, dan lain-lain. Efek samping allopurinol, antara lain demam, sakit kepala, diare, gangguan pencernaan, radang selaput paru-paru, dan bercak putih. Gejala pegal linu tidak selalu disebabkan oleh asam urat.

Penyebab Asam Urat

Asam urat disebabkan oleh defisiensi enzim urikase atau enzim oksidase asam urat yang menguraikan asam urat dan penumpukan kristal asam urat dan biasanya berhubungan dengan hiperurisemia (konsentrasi urat serum di atas 7,2 mg/dL untuk wanita dan di atas 8,1 mg/dL untuk pria).

Hiperurisemia (tingginya kadar asam urat dalam darah) disebabkan oleh:

  1. Overproduksi urat, misalnya konsumsi purin berlebihan, penyakit perdarahan, psoriasis (jenis penyakit kulit kronis), dan sebagainya.
  2. Menurunnya pengeluaran asam urat, misalnya menurunnya fungsi ginjal, dehidrasi, hipertensi, konsumsi obat tertentu, dan sebagainya.
  3. Gabungan keduanya, misalnya penggunaan alkohol.

Potret Klinis

Biasanya peningkatan asam urat tidak selalu disertai gejala klinis. Untuk pria, umumnya gout terjadi pada dekade kelima atau keenam. Pada wanita cenderung pada usia lebih tua atau pada usia saat menopause. Sendi menjadi bengkak, nyeri, merah, panas, sulit digerakkan. Nyeri makin meningkat, berlangsung selama delapan hingga dua belas jam. Penyakit asam urat biasanya hanya menyerang satu sendi secara asimetris. Sendi yang terkena (90%) di pangkal ibu jari kaki. Sebanyak 10% terbagi di tumit, lutut, pergelangan tangan atau kaki, siku, jemari tangan, dan bahu. Penderita dapat merasi sangat kesakitan sehingga sulit berjalan atau memakai sepatu.

Gejala umum lainnya berupa demam, menggigil, lemas. Jika tidak diobati, dapat berlangsung antara beberapa jam sampai satu-dua minggu. Jarak serangan pertama dan serangan berikutnya umumnya lebih dari satu tahun. Selanjutnya serang bertambah sering, nyeri berlangsung lebih lama, dan melibatkan lebih banyak sendi. Dapat juga ditemukan benjolan-benjolan di bawah kulit yang disebutkan tophus atau tofi (endapan urat di sekitar sendi) sekitar dua belas tahun sejak serangan gout yang pertama. Tofi dapat ditemukan di seluruh tubuh, yaitu di jemari tangan, pergelangan tangan atau kaki, telinga, lutut, dan siku.

Obat Asam Urat

Obat alami untuk asam urat adalah dengan metode pengobatan nonfarmakologis, yang intinya adalah modifikasi gaya hidup, seperti diet rendah purin, mengurangi berat badan, dan menghentikan konsumsi alkohol. Saat terasa nyeri, daerah yang terasa nyeri dikompres dengan air dingin dan diistirahatkan.

Sedangkan untuk obat-obatan farmakologis banyak tersedia di apotek. Penderita bisa memakai obat seperti Allopurinol, Alofar, Omeric atau Salespurin untuk mengobati asam urat. Obat asam urat pada umumnya memerlukan resep dokter. Penderita bisa menggunakan jasa Apotek Online apabila tidak mempunyai waktu untuk mengunjungi apotek terdekat.

Komplikasi dan Penyerta

Bila gout berlanjut, dapat menjadi batu ginjal atau gagal ginjal progresif. Hiperurisemia dan gout sering kali disertai dengan obesitas, alkoholisme, penyakit arteri koroner, intoleransi glukosa yang berhubungan dengan resistensi insulin, dan hiperlipidemia (kelebihan lemak di dalam darah).

Pencegahan

Asam urat dapat dicegah dengan rutin memonitor kadar asam urat darah sebelum terkena gout. Jika kadarnya normal, sebaiknya diulang setiap enam bulan. Jika tinggi, diulang setiap tiga bulan. Penderita asam urat disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang berkadar purin tinggi dan sedang.

Contoh makanan yang berkadar purin tinggi, misalnya yang mengandung alkohol (arak, bir, anggur, tape ketan, tape singkong, tuak, makanan beragi), bahan makanan laut (remis, udang, kerang, kepiting, lobster), makanan yang diawetkan (sarden, kornet, bakso, sosis, nugget), jeroan (otak, lidah, paru, hati, babat, usus), kaldu daging (sup kental), serta beberapa jenis buah-buahan, seperti durian dan avokad.

Contoh makanan yang berkadar purin sedang, misalnya ikan (air laut dan tawar), daging sapi, ayam, kambing, kacang, mete, emping, tempe, oncom, kembang kol, bayam, asparagus, kangkung, dan nanas.

Penderita juga disarankan untuk menjaga asupan cairan tubuh, jangan sampai dehidrasi. Jangan terlalu lama terpapar sinar matahari langsung. Jika minum obat untuk gout, perbanyak minum air putih, agar kerja ginjal tidak berat. Hal ini tidak berlaku untuk penderita ginjal kronis yang menderita gout.