);

Mengulas Beberapa Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

| |

Berbicara mengenai kerajaan tentu saja banyak sekali kerajaan yang ada di Pulau Jawa ini. Sekarang kita akan mengulas mengenai peninggalan Kerajaan Mataram Kuno.

Kerajaan yang satu ini ternyata sering mendapatkan sebutan Kerajaan Medang. Raja pertama yang telah memimpin kekuasaan tentu saja Raja Sanjaya. Tentunya kepemimpinan pun terus berganti seiring dengan berjalannya waktu. Kerajaan Mataram Kuno berdiri sejak abad ke 8 masehi. Namun sayang pada abad ke 11 Masehi, kerajaan tersebut mengalami keruntuhan.

Keruntuhan dari kerajaan tersebut terjadi pada masa kepemimpinan Rakai Kayuwangi. Kala itu kerajaaan Mataram Kuno ini harus menghadapi berbagai macam permasalahan yang rumit. Sehingga perpecahan istana pun harus terjadi. Kala itu peperangan antar saudara pun terjadi hingga akhirnya kerajaan Mataram Kuno benar-benar runtuh. Tentunya ada beberapa penyebab runtuhnya kerajaan tersebut. Mulai dari meletusnya gunung Merapi, adanya perpindahan letak dari kerajaan Mataram bahkan juga terjadinya masalah krisis politik yang terjadi pada tahun 927 hingga 929 M.

Peninggalan kerajaan Mataram Kuno ini sudah meninggalkan beberapa candi yang ternyata sudah ditemukan oleh banyak orang. Dimana candi tersebut kini sudah tersebar di berbagai daerah Jawa Tengah. Mungkin saat ini anda merasa penasaran dengan apa saja candi yang merupakan hasil dari peninggalan kerajaan Mataram Kuno tersebut. Adapun untuk candinya yakni sebagai berikut:

1. Candi sewu

Hasil peninggalan dari kerajaan Mataram Kuno ini berada di sekitar kawasan candi Prambanan. Lebih tepatnya lagi tentu saja berada di desa Bugisan, Kec. Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Dimana candi tersebut memang salah satu dari candi Budha yang terbilang cukup besar sesudahnya candi Borobudur.

2. Candi Arjuna

Ada lagi candi yang lainnya yakni candi Arjuna yang berada pada kompleks Percandian Arjuna. Lokasi dari candi tersebut berada pada Dataran Tinggi Dieng. Ternyata candi yang satu ini termasuk dalam Candi Hindu yang mana memang mirip dengan candi lainnya.

3. Candi Borobudur

Saya rasa untuk candi yang satu ini masih ada sampai saat ini. Bahkan masih sering dikunjungi banyak wisatawan. Konon candi ini memang sudah terkenal sampai ke seluruh pelosok dunia sebagi bukti peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno. Candi Budha yang satu ini di nilai sebagai candi cukup besar yang sudah ada. Lokasi dari candi tersebut berada di kota Magelang, Jawa Tengah sejak tahun 8 Masehi.

4. Candi Bima

Ada lagi bukti peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yakni candi Bima. Lokasinya berada di sekitaran Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Ternyata untuk jenis candi yang satu ini mempunyai keunikan tersendiri di bandingkan dengan yang lain. Semisal saja dari segi arsitekturnya yang dinilai mirip sekali dengan candi yang berada di India.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai peninggalan sejarah Kerajaan Mataram Kuno. Semoga saja dari informasi tersebut mampu memberikan wawasan tersendiri untuk anda, selengkapnya di https://kalimat.id.

Previous

Spesifikasi dan Harga Huawei P30 Pro Terbaru

Spesifikasi dan Harga Lenovo Idea Pad Y460 Terbaru

Next