Sering Menemukan Internet yang Lambat? Ketahui Faktor Penyebabnya!

Internet yang lambat memang cukup mengesalkan. Tentu saja, keinginan untuk mendapatkan informasi yang cepat –terutama referensi saat mengerjakan tugas akan berubah menjadi mood yang buruk ketika internet yang diandalkan ternyata tidak bisa diajak kerja sama. Dikutip dari kingsmpls.com, ada cukup banyak faktor yang sebenarnya berpengaruh pada kecepatan internet.

Tentu, mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh pada kecepatan internet adalah hal yang penting. Pengetahuan ini akan membawa Anda pada solusi yang mungkin bisa dilakukan untuk mendapatkan kecepatan internet yang maksimal sehingga Anda bisa melakukan surf di dunia maya dengan lebih mudah.

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Internet

Ada beberapa faktor yang cukup mendasar sebagai biang masalah yang sering muncul pada koneksi internet. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Cache yang tidak dihapus

File cache atau file sampah yang menumpuk dan tidak dihapus menjadi salah satu faktor yang cukup berpengaruh pada kecepatan internet. Meskipun Anda menggunakan provider yang terpercaya dengan sinyal internet bagus, namun jika cache terlalu banyak, tetap saja kecepatan internet akan rendah.

Meskipun penting, namun poin ini cukup sering tidak dihiraukan oleh pengguna device. Oleh karenanya, biasakan diri untuk menghapus cache secara berkala agar kecepatan internet device Anda cenderung stabil.

Jaringan internet yang tidak stabil

Kecepatan internet tentu saja dipengaruhi oleh kondisi jaringan internet itu sendiri. Ya, jaringan yang muncul akan berpengaruh pada akses internet. Ada cukup banyak jenis jaringan mulai dari GSM, CDMA, HSDPA, HSPA, LTE hingga 5G. Tentu saja setiap jaringan memiliki karakteristik dan batas kecepatan masing-masing.

Dalam hal ini, kondisi jaringan bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Provider yang dipilih umumnya menjadi penentu utama. Selain itu, lokasi device berada juga sedikit banyak akan berpengaruh. Juga, hardware atau device yang digunakan. Tentu, device dengan fitur 4G akan memberikan akses internet yang lebih cepat dibandingkan dengan device 3G.

Jumlah pengguna akses

Kasus internet yang lambat karena jumlah pengguna akses yang banyak umumnya muncul jika Anda menggunakan Wi-Fi. Memang, Wi-Fi bisa diandalkan untuk menghubungkan beberapa device sekaligus. Namun, jaringan internet nantinya akan dibagi sebanyak jumlah pengguna akses.

Tentu saja, semakin banyak pengguna, maka jaringan internet akan semakin lambat. Sebaliknya, jika Anda saja yang terhubung, maka kecepatan internet bisa maksimal.

Perangkat yang digunakan

Tentu saja, perangkat yang digunakan memiliki pengaruh yang cukup besar terkait kecepatan internet. Dalam hal ini, dengan perangkat yang mumpuni, maka Anda bisa mendapatkan kecepatan internet yang lebih baik.

Berbincang tentang perangkat, ada beberapa hal yang cukup berpengaruh, terutama ketika Anda menggunakan smartphone. Kapasitas RAM serta jenis processor yang digunakan umumnya menjadi dua hal yang cukup mempengaruhi bagaimana kecepatan akses internet yang Anda miliki.

Faktor cuaca

Cuaca adalah faktor eksternal yang cukup berpengaruh pada kecepatan internet. Seringkali, cuaca yang buruk akan memperburuk jaringan internet hingga bahkan tidak muncul. Oleh karenanya, adalah wajar jika kecepatan internet Anda drop ketika hujan deras meskipun menggunakan provider yang terkenal.

Beberapa hal di atas merupakan faktor-faktor yang berpengaruh pada kecepatan internet. Tentu, Anda kini bisa lebih bijak untuk memilih device yang akan digunakan surfing di dunia maya dan tidak lantas kesal jika kecepatan internet Anda drop. Nah, dapatkan beberapa tips terkait dunia internet dan informasi menarik lainnya di kingsmpls.com.