8 Penyebab Jaringan Lemot dan Cara Mengatasinya!

8 Penyebab Jaringan Lemot dan Cara Mengatasinya!

Internet sudah menjadi bagian terpenting dari kehidupan manusia dan tak bisa dipisahkan karena sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia sehari-hari. Produktivitas seseorang pada saat ini juga sangat bergantung pada sebuah ponsel dan juga internet yang tak hanya mempermudah seseorang dalam berbagi informasi, tetapi juga sebagai sarana yang utama dalam bekerja. Anda bisa membayangkan, berbagai kemudahan yang akan Anda dapatkan dengan adanya sebuah koneksi yang cepat dan stabil tiba-tiba saja melambat karena ada beberapa hal-hal yang tidak Anda ketahui apa penyebabnya. Mempengaruhi semangat ketika bekerja? Hal itu bisa saja terjadi, atau jika Anda ingin berpikir positif, koneksi internet yang lemot bisa saja membuat Anda pergi keluar kantor dibandingkan hanya duduk depan komputer tanpa melakukan apa apa. Apabila hal ini terjadi pada saat pekerjaan Anda sedang sangat banyak dan harus segera diselesaikan dalam lama kurun waktu yang cepat merupakan sebuah persoalan yang harus segera diselesaikan.

Penyebab Koneksi Internet Lambat

Masalah koneksi internet lemot di tengah pandemi ini masih menjadi masalah yang utama hingga saat ini. Meskipun semua provider telah meningkatkan kualitas jaringan mereka dengan menggunakan jaringan generasi ke 4 atau yang dikenal dengan 4G LTE sebagai jaringan teknologi terbaru, kendala akan koneksi internet yang lemot memang masih sering dikeluhkan oleh para pengguna.

Koneksi internet yang lemot tidak hanya dikarenakan oleh provider yang tidak menggunakan jenis jaringan teknologi terbaru, namun juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi. Nah, dibawah ini kami telah merangkum penyebab jaringan Telkomsel lemot dan cara mengatasinya. Yuk simak!

1. Diakibatkan cuaca yang buruk
Di Indonesia sendiri, cuaca yang paling mempengaruhi sebuah jaringan internet pada umumnya ketika musim penghujan. dimana saat hujan deras, biasanya koneksi internet tiba tiba berubah menjadi lemot dan kurang stabil. Diperkirakan sinyal-sinyal internet yang ada di udara terhalang oleh titik-titik air hujan. Atau ada gangguan pada bagian tower pemancar yang tersambar petir.

Maka cara mengatasinya yakni harus Anda lakukan adalah dengan merubah settingan pada pengaturan jaringan yang semula Anda menggunakan 4G, Anda bisa merubahnya menjadi 3G atau GPRS Only untuk mendapatkan kualitas jaringan yang stabil.

2. Banyaknya Aplikasi yang sedang berjalan
Penyebab jaringan internet lemot di ponsel juga bisa diakibatkan banyaknya aplikasi yang sedang berjalan yang ada di background smartphone Anda. Mungkin Anda belum menyadari bahwa aplikasi seperti WhatsApp, Instagram, Line, Twitter, dan lain sebagainya tersebut dapat mengganggu koneksi internet pada ponsel Anda. Coba Anda bayangkan jika 1 aplikasi memerlukan kuota 1.0 mbps, dan apabila Anda tak sadar telah membuka 10 aplikasi. Sudah bisa dipastikan kecepatannya akan berkurang dan terasa lemot karena jaringannya terbagi.

Untuk cara mengatasinya tentunya terbilang sangat mudah dimana Anda hanya perlu menonaktifkan salah satu atau beberapa dari aplikasi yang telah Anda jalankan tersebut demi meningkatkan kualitas koneksi internet Anda.

3. Kartu tidak sesuai dengan daerah
Nah, hal ini yang paling sering terjadi, apalagi bagi Anda yang sering bepergian ke luar daerah-daerah. Tentu kalau di kota infrastruktur jaringan provider dipastikan sudah lebih lengkap. Karena sudah banyak dibangun jaringan dengan kecepatan yang sangat tinggi. Namun hal ini sangat berbeda dengan daerah daerah lain yang masih belum dibangun jaringan internet. Apalagi di kota-kota kecil yang terkadang hanya ada 1-3 provider penyedia jaringan internet.

Cara mengatasinya Anda bisa menggunakan kartu yang sangat banyak jangkauan koneksi internetnya seperti Telkomsel, Anda juga dapat mempercepat kualitas jaringan internet pada ponsel Anda adalah dengan mengganti dengan provider terbaik.

4. Ponsel dalam mode baterai
Ada beberapa ponsel yang telah dirancang memiliki sebuah fitur penghemat daya saat baterai sudah dibawah 20%. Fitur penghemat daya baterai ini pada akhirnya akan mengurangi kualitas kecepatan internet yang sedang Anda gunakan.

Pada saat daya baterai ponsel sudah sedikit maka muncul notifikasi mengenai penggunaan mode hemat baterai, apabila Anda menekan oke untuk penggunaan mode hemat baterai maka secara otomatis jaringan di ponsel Anda akan sedikit lambat.

Cara mengatasinya yaitu matikan saja apabila ponsel Anda dalam mode hemat baterai hal ini tentunya akan mempercepat kualitas jaringan internet Anda.

5. Di Parkiran Kadang juga Susah Sinyal
Hal ini sering terjadi ketika di parkiran kamu tidak mendapatkan sinyal ponsel dan internet lambat. Ada beberapa hal yang bisa Anda ambil dari hal yang satu sini. Yang pertama, tempat parkir terlalu tinggi, yang kedua parkiran memiliki dinding yang tebal dan tertutup hingga sinyal pun tidak dapat dijangkau. Sebenarnya tak hanya di sebuah parkiran saja, tapi hal ini juga bisa terjadi ketika Anda sedang memasuki sebuah terowongan yang panjang.

Cara mengatasinya adalah gunakan sebuah aplikasi yang berguna untuk menambah kecepatan sinyal sehingga kecepatan internet Anda bisa menjadi lebih cepat contoh aplikasi yang bisa kami rekomendasikan untuk Anda yaitu Network Booster.

6. Konflik jaringan
Penyebab yang satu ini biasanya bermula ketika Anda menginstall aplikasi pemblokir iklan maupun bagi Anda yang menginstall aplikasi localhost. Meskipun kondisi yang satu ini cukup jarang terjadi, namun akibat aplikasi-aplikasi tersebut dapat mengganggu koneksi internet di ponsel Anda.

Dengan kata lain, meskipun sebenarnya aplikasi tersebut juga memiliki keuntungan dan keunggulan, namun dampaknya akan berimbas kepada koneksi internet ponsel Anda yang lemot dan kurang stabil. Maka dari itu, penggunaan aplikasi VPN dalam hal ini dapat membantu mengatasi kelemahan dalam kecepatan jaringan atau koneksi pada ponsel Anda.

7. Ada Perbaikan / Maintenance
Tidak ada penyebab yang lebih parah ketimbang penyebab yang satu ini. Perbaikan ataupun maintenance yang jelas akan mempengaruhi sebuah kecepatan koneksi dan tidak ada yang bisa dilakukan selain menunggu sampai benar. Belum lagi ketika ada sebuah kerusakan jaringan fiber optic akibat terputus, tentu perbaikannya akan memakan waktu yang lebih lama lagi karena harus mengukur jarak kerusakannya dan melakukan penyambungannya.

8. Banyaknya File Sampah di Ponsel
Penyebab yang lain yang dapat mengakibatkan koneksi internet Anda menjadi lemot yakni karena banyaknya file sampah yang jarang Anda hapus. Ada beberapa kategori aplikasi yang dapat membantu membersihkan file sampah yang biasanya tidak disadari oleh para pengguna ponsel yang dapat membuat file sampah itu menjadi menumpuk dan dan dapat mengakibatkan performa jaringan atau koneksi pada ponsel Anda menjadi lemot dan kurang stabil.

Untuk mengatasi penyebabnya Anda bisa mendownload sebuah aplikasi cleaner di PlayStore. Nanti aplikasi tersebut secara otomatis akan memberitahu para pengguna ponsel apabila sampah pada perangkat sudah terisi penuh.

Nah, itu saja informasi yang dapat kami sampaikan kepada Anda semua mengenai 8 penyebab jaringan lemot dan cara mengatasinya. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda semua untuk mengatasi masalah pada kualitas jaringan Anda.