Mengetahui Spesifikasi Laptop Sebelum Membeli, Ini 4 Poinnya! -
Mengetahui Spesifikasi Laptop Sebelum Membeli, Ini 4 Poinnya!

Mengetahui Spesifikasi Laptop Sebelum Membeli, Ini 4 Poinnya!

Siapa di antara kamu yang membaca artikel ini, yang sedang mencari laptop? Baik untuk keperluan bekerja, untuk keperluan bermain game, untuk keperluan hiburan, dan lain sebagainya, perangkat yang satu ini rasanya sudah dapat memenuhi setiap kebutuhan tersebut. Tentu, dengan spesifikasi laptop yang tepat, keperluan kamu bisa ditunjang dengan optimal. Tapi apa spesifikasi yang tepat untuk keperluanmu?

Pada dasarnya setiap laptop memiliki spesifikasi yang sudah disusun sedemikian rupa, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat modern. Meski demikian, semakin hari produsen juga berusaha menyediakan laptop dengan keunggulan spesifik, agar dapat menunjang keperluan utama penggunanya.

Misalnya, untuk keperluan editing video, kamu perlu laptop dengan spesifikasi yang tepat bukan? RAM yang besar, GPU yang bisa bekerja optimal, dan layar yang benar-benar memiliki cakupan warna luas dan tajam.  Lalu ketika akan membeli laptop baru, apa spesifikasi yang perlu diperhatikan? Nah, agar mendapat gambaran, kamu bisa lihat beberapa poin di bawah ini. Semoga bermanfaat ya!

Apakah Mobile atau Berkekuatan Besar?

Spesifikasi Laptop

Pertanyaan paling awal mungkin sub judul di atas, apakah kamu akan menggunakannya untuk aktivitas mobile atau perlu yang memiliki kekuatan besar? Laptop mobile umumnya didesain ringkas, ringan, dan memiliki desain yang sleek, sehingga mudah dibawa kemana saja kamu pergi. Sebaliknya, laptop dengan kekuatan besar, seperti laptop gaming atau laptop editing, berukuran bongsor dan biasanya cukup berat.

Jika kamu perlu laptop yang nyaman dibawa bepergian, pilihlah laptop yang lebih simple dan ringkas. Laptop seperti ini tidak akan menjadi barang bawaan yang merepotkan di tas yang kamu pakai ditambah lagi biasanya memiliki daya tahan baterai yang cukup lama. Namun jika kamu perlu laptop dengan kekuatan besar dan tidak untuk sering dibawa bepergian, laptop bongsor dan gahar lebih direkomendasikan.

Kegiatan Multitasking atau Pekerjaan Berat?

Spesifikasi Laptop

Pertanyaan kedua akan terkait dengan prosesor yang akan kamu pilih sebagai otak utama dari laptop yang akan kamu beli. Sebagai disclaimer, poin ini berlaku secara umum dan tidak kemudian menjadi tolak ukur mutlak.

Jika kamu memiliki banyak pekerjaan yang harus dikerjaan bersamaan, laptop dengan prosesor Intel lebih direkomendasikan. Sedangkan ketika perlu laptop yang bisa diajak bekerja lebih berat dan spesifik, prosesor AMD bisa jadi pilihan utama. Kecenderungan tersebut muncul dengan sendirinya, berkat pengalaman user yang menggunakan kedua laptop ini. Jadi mana yang kamu pilih? Multitasking atau pekerjaan lebih berat di satu waktu?

Durability Perangkat

Spesifikasi Laptop

Daya tahan perangkat dalam, seperti prosesor, baterai, GPU, hingga perangkat luaran seperti keyboard, speaker, dan layar, didesain sedemikian rupa untuk mendukung kegiatan yang kamu lakukan. Meski demikian, perangkat-perangkat ini juga memiliki titik beban maksimal, sehingga sangat tidak bijak untuk menggunakannya di atas titik tersebut. Intinya adalah gunakan laptop sesuai dengan spesifikasi dan peruntukannya, agar dapat bekerja optimal.

Tampilan Laptop

Spesifikasi Laptop

Poin selanjutnya yang tidak kalah penting adalah penampilan laptop yang akan kamu beli. Laptop yang diproduksi semakin hari semakin spesifik, baik itu yang membawa tone desain minimalis, atau bahkan yang memiliki desain gahar. Kembali pada kebutuhan dan selera, mana yang lebih kamu pilih untuk menemani aktivitasmu setiap hari.

Untuk laptop dengan desain minimalis misalnya, kamu bisa memilih berbagai produk laptop atau notebook terbaru yang diproduksi guna keperluan kerja atau mahasiswa. Desain ini dipilih untuk memberikan kesan eksklusif dan mewah, tanpa terlalu banyak ornamen dan aksen yang dibubuhkan.

Lain halnya jika kamu ingin laptop yang memiliki tampilan lebih mencolok, laptop dengan label gaming bisa jadi pilihan. Desainnya yang lebih masif, ornamen yang lebih detail dan ‘ramai’, lubang pembuangan yang lebih besar, serta tambahan backlight RGB, bisa jadi pilihan.

Beberapa pertimbangan di atas semoga bisa membantu kamu menentukan laptop yang akan kamu pilih. Tidak secara spesifik membahas mengenai teknis memang, karena hal teknis bisa kamu konsultasikan dengan penjual setelah kamu menentukan 4 poin di atas.

Mengetahui spesifikasi laptop yang akan digunakan sehari-hari guna mendukung kegiatan kamu tentu jadi hal yang mutlak agar kamu tidak salah membeli laptop. Tentu, agar aktivitas sehari-hari semakin lancar, kamu juga perlu jaringan internet cepat dan stabil, yang kini sudah disediakan oleh Biznet Home. Dengan berbagai pilihan paket internet murah, Biznet Home bisa jadi partner terbaik untuk aktivitas setiap hari. Kunjungi situs resminya sekarang, dan dapatkan penawaran paket internet terbaik!