Spot Terbaik Raja Ampat Diving Ini Bisa Bikin Anda Ketagihan

Spot Terbaik Raja Ampat Diving Ini Bisa Bikin Anda Ketagihan

Raja Ampat Papua terkenal akan keindahan bawah lautnya. Bahkan keeksotisan gugusan pulau di bagian Timur Indonesia ini sudah terdengar hingga ke kancah Internasional. Setibanya di Raja Ampat, kamu akan disuguhkan dengan hamparan pulau yang indah lengkap dengan kekayaan biota lautnya yang beragam. Raja Ampat Diving tentu saja menjadi ide yang tepat jika kamu ingin menikmati keindahan Raja Ampat secara lebih dekat.

Jika Anda punya rencana untuk menyelam di kedalaman laut Raja Ampat, ada sejumlah spot Raja Ampat Diving terbaik yang tidak boleh Anda lewatkan. Di mana saja? Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1.Mios Kun

Spot Terbaik Raja Ampat Diving
Sumber: Instagram/ahmadtohir

Spot Raja Ampat Diving yang wajib Anda kunjungi saat berada di Raja Ampat adalah Mios Kun. Terletak di kawasan selatan dekat Kabui Bay, Mios Kun ini menyuguhkan pemandangan terumbu karang yang sangat indah, lengkap dengan biota lautnya yang beragam. Terumbu karang yang ada dasar laut seakan membuatnya terlihat seperti taman yang ada di bawah laut.

Menyelam di kedalaman 25 meter, Anda akan berkesempatan untuk melihat Ikan Hiu Wobbegong. Selain ikan hiu, Anda juga bisa menemukan biota laut lainnya yang tidak kalah menarik, seperti Kuda Laut dan Ikan Fusiliers. Diving di Mios Kun tentu saja akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah Anda lupakan.

2.Blue Magic

Blue Magic
Sumber: Instagram/greejolie07

Spot Raja Ampat Diving yang satu ini seakan mempunyai magic, karena mampu membuat para Diver takjub dengan keindahan bawah lautnya. Letaknya tidak terlalu jauh dari Mios Kun, yaitu kurang lebih berjarak 1 km ke arah Selatan. Ragam biota laut yang akan Anda jumpai juga tidak kalah indah dengan spot diving yang lainnya. Barakuda, red snappers, surgeonfish, hingga ikan tuna menjadi sederet contoh penghuni Blue Magic ini. Bukan hanya itu saja, pemandangan terumbu karangnya juga menjadi daya tarik yang tidak akan bisa ditolak. Blue Magic ini mempunyai arus yang cukup kuat sehingga dibutuhkan skill dan pengalaman menyelam yang cukup tinggi.

3.Cross Wreck

Cross Wreck
Sumber: Instagram/thegray61

Cross Wreck yang berada di 300 km sebelah Timur dari Sorong ini juga sayang sekali untuk dilewatkan. Bangkai dari kapal angkatan laut Jepang yang tenggelam pada masa Perang Dunia II menjadi daya tarik para penyelam saat diving di sini. Dengan kedalaman 18 meter, Anda akan melihat secara langsung bangkai kapal yang masih utuh tersebut. Menariknya lagi, bangkai kapal tersebut dijadikan hunian oleh para biota laut seperti ikan singa, ikan daun, ikan setan, udang mantis, hingga gurita.

4.Manta Sandy

Manta Sandy
Sumber: Instagram/bvpmcwilliams

Sementara bagi Anda yang ingin berenang dengan ikan pari, Anda wajib diving di Manta Sandy. Di sana, Anda bisa berkesempatan untuk melihat Ikan Pari Manta dengan menyelam di kedalaman 18 meter. Lokasi spot diving yang satu ini berdekatan dengan Pulau Aborek yang terkenal dengan pantainya yang landai. Dikarenakan kedalamannya tidak sampai 20 meter, maka tingkat kesulitannya pun tidak terlalu tinggi sehingga aman untuk para Diver pemula. Di Mata Sandy, Anda akan menemukan sekitar 20 ekor Ikan Pari Manta dalam satu kali menyelam.

5.Tanjung Kri

Tanjung Kri
Sumber: Instagram/zitroni_vroni

Tanjung Kri juga menjadi salah satu spot unggulan Raja Ampat, karena Tanjung Kri memiliki keanekaragaman biota laut yang mempesona. Menyelam di Tanjung Kri juga akan memberikan pengalaman yang berkesan pada liburan Anda di Raja Ampat. Saking banyaknya ikan yang ada di sana, membuat pancaran sinar matahari dari permukaan laut tidak bisa menembus hingga ke dalam. Hanya dengan kedalaman 10 sampai 40 meter serta jarak pandang 10 sampai 30 meter saja, Anda sudah bisa menemukan berbagai ikan dan karang. Antara lain seperti kakap, fusilier, sweetlips, butterflyfish dan angle fish. Ikan tuna juga menjadi pemandangan yang umum di Tanjung Kri. Bahkan hiu karpet atau wobbegong yang biasanya hanya bisa ditemui di perairan Australia pun bisa kamu temui di sana.

Bagaimana, Anda ingin menjajal spot Raja Ampat Diving yang mana dulu? Selain diving, berkunjung ke Raja Ampat tidak lengkap rasanya jika melewatkan destinasi wisata lain dan kulineran. Anda bisa mendapatkan informasinya di sini!