6 Tips Memotret dengan Kamera Smartphone Hasil Maksimal

Saat ini banyak smartphone yang telah memiliki fitur kamera dengan kualitas yang sangat baik, seperti fitur kamera pada smartphone Samsung A51. Ini membuat Anda yang memiliki minat pada fotografi bisa lebih mudah dalam melakukan aktivitas memotret tanpa perlu memiliki kamera profesional.

Memotret dengan Kamera Smartphone

Namun, untuk mendapatkan gambar yang baik dengan menggunakan kamera smartphone, Anda perlu melakukan beberapa tips berikut.

1. Hindari penggunaan flash
Penggunaan flash atau lampu kilat sebenarnya tidak terlalu dianjurkan ketika Anda memotret dengan kamera apapun, begitu juga ketika Anda memotret dengan menggunakan smartphone. Hasil foto akan lebih baik jika menggunakan cahaya alami dibanding menggunakan flash.

Penggunaan flash lebih baik Anda lakukan jika memang dalam kondisi paling terdesak saja. Sebelum memutuskan untuk menggunakan flash, Anda lebih baik melakukan pengaturan cahaya dengan mengatur ISO atau exposure pada smartphone Anda.

2. Hindari penggunaan zoom
Penggunaan fitur zoom pada umumnya akan menurunkan resolusi pada hasil foto, tidak terkecuali dengan fitur zoom yang ada pada smartphone. Maka, untuk tetap menghasilkan kualitas foto yang bagus, sebaiknya Anda menghindari untuk memotret objek menggunakan zoom. Cobalah untuk lebih mendekati objek atau mencari angle lain yang lebih tepat.

3. Manfaatkan fitur touch to capture
Bagi Anda yang lebih suka memotret foto selfie, Anda tentu sering mengalami kesulitan ketika Anda harus mengambil foto selfie diri Anda sendiri sekaligus menekan tombol capture di layar kamera.

Untuk mempermudah Anda melakukan kegiatan selfie ini, Anda bisa memanfaatkan fitur touch to capture yang sudah banyak tersedia di aplikasi kamera berbagai smartphone. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu menyentuh tombol khusus capture, melainkan bisa menyentuh bagian layar manapun.

4. Gunakan fitur quick launch
Mungkin Anda sering mengalami peristiwa ketinggalan momen dimana objek atau momen yang Anda tunggu sudah pergi namun Anda masih sibuk mencari-cari dimana fitur kamera di smartphone Anda. Untuk menghindari kejadian seperti ini, Anda bisa menggunakan fitur quick launch yang ada di berbagai smartphone seperti di Samsung A51.

Fitur quick launch merupakan sebuah jalan pintas bagi Anda untuk masuk ke aplikasi kamera. Dengan ini Anda tidak akan tertinggal momen atau objek yang akan Anda potret.

5. Gunakan mode HDR
Setiap smartphone memiliki beragam pilihan resolusi untuk hasil akhir gambar yang Anda potret. Untuk menghasilkan resolusi gambar terbaik, Anda sebaiknya mengatur aplikasi kamera Anda dengan mode HDR atau High Dynamic Range.

Baca Juga : Daftar Harga Hp Samsung Galaxy Kisaran 2 Jutaan

Dengan menggunakan mode ini, cahaya dan bayangan di sekitar objek foto akan diekspos dengan merata dan sangat berguna untuk memotret dengan kontras yang tinggi. Mode HDR juga bisa menggabungkan dua atau lebih foto dari berbagai exposure secara bersamaan.

6. Usahakan memegang smartphone dengan stabil
Smartphone pada umumnya memiliki ukuran dan berat yang cukup ringan sehingga membuat Anda terkadang tidak sadar menggoyangkannya ketika Anda memotret. Maka, untuk menghasilkan foto yang bagus, pastikan Anda memegang smartphone Anda dengan stabil. Agar lebih stabil, Anda bisa mencoba tips dengan menahan nafas ketika memotret objek atau menyandarkan punggung Anda ke dinding.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat hasil foto yang bagus dan berkualitas tinggi dengan menggunakan kamera smartphone. Di luar tips-tips tadi, Anda juga sebaiknya memilih smartphone dengan fitur kamera yang lengkap berkualitas tinggi seperti Samsung A51 agar Anda bisa lebih mudah mendapatkan hasil foto yang bagus.