);
Up Date Terbaru Virus Corona Per 7 April 2020

Up Date Terbaru Virus Corona Per 7 April 2020

Pandemi virus corona hingga saat ini masih berlanjut dan semakin luas menginfeksi di berbagai belahan dunia. Sudah hampir 4 bulan dunia bertarung dengan virus yang menyerang sistem pernafasan ini namun belum melahirkan tanda-tanda perbaikan yang signifikan. Kasus corona di seluruh dunia masih terus bertambah meski di beberapa negara yang lebih dahulu terkena gempuran corona, telah mengalami penurunan jumlah kasus baru per harinya. Sebagai salah satu masyarakat dunia, Anda juga perlu mengetahui perkembangan terbaru virus ini untuk lebih waspada namun tetap tenang dan berhati-hati.

Hingga saat ini virus covid19 telah menginfeksi 1.350.523 orang menurut John Hopkins University. Dari angka tersebut, jumlah kematian yang terjadi hingga pukul 16.00 waktu setempat adalah sejumlah 74.870 jiwa dengan jumlah kematian tertinggi berada di negara Italia, Spanyol dan perancis. Dari data 1 hari pada tanggal 7 April ini, jumlah kematian di seluruh dunia akibat Corona mencapai 5.700an jiwa. Angka yang sangat tinggi untuk sebab wabah penyakit. Angka ini diharapkan tidak terus bertambah karena beberapa negara mulai mengalami penurunan jumlah kasus baru seperti di Italia dan Spanyol.

Selain terjadi kasus baru dan kematian, tentu saja ada pasien-pasien yang berhasil disembuhkan. Tercatat total pasien sembuh mencapai 285.437 jiwa per tanggal 7 April 2020. Angka ini diharapkan meningkat dengan cepat sehingga tenaga medis memiliki peluang lebih besar untuk menyelamatkan pasien lainnya. Angka kesembuhan tertinggi berada di negara Spanyol, China dan Jerman. Untuk jumlah total kasus terbanyak berada di negara Amerika Serikat, Spanyol, Italia, Jerman dan Perancis. China sendiri menduduki peringkat keenam terbanyak meski sebagai negara pertama ditemukannya virus tersebut.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Angka jumlah kasus positif virus corona di Indonesia kembali mengalami peningkatan dan kali ini merupakan penambahan yang paling banyak dalam satu hari dimana per tanggal 7 April kasus positif Covid di Indonesia bertambah 247 pasien. Dengan penambahan tersebut jumlah kasus positif covid19 di Indonesia mencapai 2.738 orang dan jumlah kematian mencapai 221 jiwa dengan penambahan 12 kematian dari hari kemarin. Angka kematian ini menjadikan Indonesia memiliki fatality rate sebesar 8,07% yang menurun dibandingkan beberapa waktu lalu. Jumlah pasien sembuh di Indonesia juga terus bertambah dan hampir menyamai jumlah kematian. Tercatat hingga hari ini jumlah pasien sembuh mencapai 204 pasien.

Kasus Corona di Indonesia telah tersebar di 32 provinsi menyisakan provinsi NTT dan Gorontalo yang tidak memiliki catatan kasus positif covid19. Pemerintah sendiri terus melakukan upaya-upaya salah satunya dengan membuat rumah sakit khusus covid19 di Pulau Galang Batam untuk mengantisipasi lonjakan WNI yang pulang dari berbagai negara akibat pandemi ini. Rumah sakit rujukan covid19 di sejumlah daerah juga terus bersiap dalam antisipasi dan pengobatan pasien covid19. Menjelang tradisi mudik, sejumlah tempat karantina disiapkan untuk menampung dan mengisolasi para migran yang nekat pulang kampung agar tidak membawa virus covid19 di kampung halaman.

Berbagai upaya pemerintah dan tenaga kesehatan tersebut akan sulit mencapai hasilnya jika tidak diimbangi dengan peran serta masyarakat. Anda juga bisa berperan dalam memerangi virus corona salah satunya dengan berdiam diri di rumah saja. Jika memiliki gejala penyakit, jangan langsung panik namun konsultasikan terlebih dahulu secara online di Halodoc lalu buat jadwal periksa agar Anda tidak terlalu lama berada di luar rumah.